Tangisan Si Bawang Merah

SO_NEWS_EKONOMIHarga bawang merah yang sebelumnya sempat turun, kembali meningkat. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan besar bagi masyarakat. Berbeda dengan bawang putih yang sekarang Rp 28.000-Rp 30.000 per kilonya, sekarang harga bawang merah dijual dengan harga Rp 50.000-Rp 60.000 per kilogramnya. Rohyati (42), pedagang Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan, Kamis (28/03) mengatakan bahwa harga bawang merah kembali naik menjadi RP 50.000 per kilogramnya.

“Tiga hari yang lalu saya sudah jual 47 ribu, sekarang saya jual 50 ribu yang normalnya 12 ribuan. harga cabai rawit juga sama, sekarang saya jual 50 ribu per kilogram dari 20ribu.” ujar Rohyati yang sudah 11 tahun menjadi penjual sayuran.

“Memang dari pasar induknya cuma ada sedikit. Saya biasanya beli untuk dijual 20kg sekarang hanya bisa membeli 10kg saja. Pembeli juga jarang beli banyak”, tambahnya lagi. Kenaikan harga bawang disebabkan oleh pasokan impor yang berkurang.

Hal tersebut menyebabkan para pedagang sayuran terutama padagang cabai dan bawang merasa kesulitan karena tingkat daya beli masyarakat berkurang. Hal ini juga menyebabkan hasil dagang tidak menutupi modal. Bahkan, kini para penjual mulai banyak yang mengecer dagangannya agar masyarakat bisa mendapatkan bawang dengan harga yang sesuai dengan kemampuan. [@luthppi – foto: @ahmad_irvan10]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s