Life of Pi: Bertahan Hidup Bersama Harimau

SO_FILM_LIFE OF PI

Judul Life of Pi
Sutradara Ang Lee
Durasi 120 menit
Pemain Suraj Sharma, Irrfan Khan, Tabu, Adil Hussain, Grard Depardieu, Rafe Spall
Jenis Film Drama
Produksi 20TH CENTURY FOX

Apa yang Anda bayangkan, jika harus hidup bersama dengan seekor harimau dalam sekoci? Mati terbunuh atau dicabik-cabik mungkin menjadi salah satu jawaban Anda. Namun, Anda akan tercengang oleh cerita Piscine Moralto Patel, yang berjuang untuk bertahan hidup setelah terombang-ambing di lautan bersama seekor harimau yang setiap harinya mengancam nyawa Pi.

Berawal dari keluarga Pi yang memiliki kebun binatang di Pondicherry, India berniat untuk pindah ke Kanada. Akhirnya, mereka memutuskan untuk berlayar dengan mengangkut semua penduduk kebun binatang milikinya tak terkecuali Richard Parker. Richard Parker adalah nama seekor harimau yang tidak sengaja tertukar dengan nama pemburunya.

Suatu malam, badai besar menghantam kapal pesiar di kawasan samudera pasifik. Pi mendengar deruman suara ombak dan langsung keluar dari kamarnya untuk melihat kondisi diluar. Awalnya, Pi tercengang oleh kebesaran Tuhan. Namun, badannya membeku ketika air laut menyapu beberapa awak kapal. Ini bencana! Pi langsung bergegas kembali ke kamar untuk menolong keluarganya yang terlelap tidur. Namun, air sudah menenggelamkan hampir semua ruangan di dalam kapal. Pi terdiam dan menangis meronta-ronta seperti bayi. Beberapa orang lainnya berlomba-lomba untuk menyelamatkan diri dan menggantungkan nasibnya dengan sekoci. Namun, Pi lah yang bernasib baik saat itu, karena hanya dia satu-satunya manusia yang selamat dari bencana tersebut.

Pi susah payah untuk mengendalikan sekoci di tengah ancaman badai. Zebra pun meringkuk kedinginan di dalam sekoci. Malam itu tidak akan pernah terlupakan di dalam ingatan Pi. Badai menenggelamkan orang-orang yang mencintai dan dicintai oleh Pi. Kini, Pi harus berbagi sekoci dengan Zebra, orang utan, hyena bahkan harimau Benggala dewasa yang setiap saatnya membutuhkan asupan makanan. Bagaimana cara Pi untuk bertahan hidup dari Richard Parker dan hantaman badai di tengah laut?

Film ini selain menyuguhkan gambar-gambar yang spektakuler, Life of Pi juga memberikan banyak pelajaran dan sarat makna religius. Dalam 120 menit, penonton dibuat termenung tentang keberadaan Tuhan yang tidak pernah meninggalkan kita ke mana pun kaki kita melangkah, namun justru kitalah yang sering lalai meninggalkan-Nya. Seperti yang dikatakan oleh Pi, “Sejauh apapun kita melangkah, Tuhan akan selalu ada. Jangan pernah takut karena Tuhan memberi apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita mau”.

Sejak kecil, Pi berharap Richard Parker dapat menjadi temannya, namun seperti yang dikatakan sang ayah, Richard Parker adalah hewan bukan teman. Hatinya teriris ketika mereka terdampar di Meksiko dan Richard Parker meninggalkannya begitu saja dan menghilang setelah masuk ke dalam hutan. Hari itu adalah hari Pi mengakhiri pertemanannya dengan Richard Parker dan sejak saat itu mereka tidak lagi bertemu. Selamanya. [@withayuliandini – foto: courtesy of 21cineplex.com]

One thought on “Life of Pi: Bertahan Hidup Bersama Harimau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s