Soleh Solihun: Hobi Benih Kesuksesan

so_profil_soleh-solihun2Saat ini, Stand Up Comedy menjadi profesi yang digemari oleh kalangan masyarakat. Terbukti, sudah banyak televisi yang menyuguhkan program Stand Up Comedy. Comic adalah julukan untuk orang yang kini semakin berdatangan. Salah satu Comic yang terkenal adalah Soleh Solihun.

Sebelum menjadi Comic, Soleh terlebih dahulu terjun ke dunia Jurnalistik. Ia memulai karir menjadi seorang reporter hingga menjadi editor Majalah Rolling Stone. Pria berkacamata minus tebal ini gemar sekali menulis, tidak heran jika telah menulis empat buku, satu diantara yang terkenal adalah Celoteh Solihun. Berikut wawancara SpeedOne dengan pria yang saat kecil bercita-cita menjadi Uztad.

Sebelum Anda menggeluti dunia Stand Up Comedy, profesi apa yang pertama kali Anda geluti?
Banyak sih, pernah jadi wartawan.

Sejak kapan Anda mulai meniti karir?
Awal saya meniti karir yaitu mulai dari tahun 2004 sebagai reporter di sebuah media.

Apa alasan Anda menggeluti dunia Stand Up Comedy?
Karena waktu itu saya diajak sama orang. Tahun 2011, saya pernah jadi MC di suatu acara, lalu saya disuruh Stand Up Comedy. Tahun 2012, saya diundang Metro TV, karena saat itu komunitas Stand Up Comedy mulai bermunculan. Mereka melihat video saya di YouTube. Setelah itu, orang-orang minta saya untuk Stand up Comedy.

Sekarang Anda sudah bisa dibilang pesohor, konsekuensinya adalah kehidupan Anda mulai menjadi konsumsi publik, yang tadinya dibelakang layar saat menjadi jurnalis, yang dulu mengejar orang buat wawancara sekarang justru sebaliknya.
Privasi sampai saat ini belum pernah terganggu, tetapi suka tidak enak aja kalau ke blok M suka ditanya orang, Stand Up Comedy ya Stand Up Comedy ya.. hehee

Apa saja yang yang harus dipersiapkan sebelum tampil sebagai Comic?
Tidak ada yang dipersiapkan. Hanya dipikirkan saja apa yang mau diangkat untuk jadi materi, tapi kebanyakan dapat inspirasi saat dipanggung. Kalau Comic yang lainnya, mungkin menyiapkan materi untuk open mic.

Pernah tidak sih, merasa tidak lucu saat tampil?
Ya pernah, cuma ya, biarin aja nggak akan ditanya di alam kubur kok. Namanya Komedian, bakalan ada moment nggak lucu sama kaya penyanyi ada saatnya mereka fals, nggak usah dipikirin.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?
kalau sudah ngomong juga udah nggak grogi, semenit lewat juga udah nggak grogi lagi, justru kalau nggak grogi itu yang bahaya, karena nanti kita bisa menganggap remeh. Sebelum manggung kita harus ada ketakutan, supaya kita bisa lebih waspada dan mempersiapkan segala sesuatunya.

Darimana Anda biasanya mendapatkan inspirasi untuk materi Stand Up Comedy?
Biasanya, Comic yang lainnya mungkin mempersiapkan materi sebelum open mic, namun saya tidak ada persiapan materi. Spontan aja cari materinya. Ketika diam pun saya suka mendapatkan inspirasi. [@PrastikaAjeng-foto: @withayuliandini]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s