Seni Bela Diri Rasa Gingseng

SO_OLAHRAGA_TaekwondoSiapa yang tidak mengenal taekwondo? Taekwondo merupakan olahraga cabang seni bela diri yang berasal dari Korea. Olahraga ini tidak hanya terkenal di Korea, tetapi juga dunia tak terkecuali di Indonesia. Taekwondo juga terdapat di olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali terdapat klub taekwondo. Taekwondo tidak hanya digemari oleh kaum lelaki saja. Wanita pun suka dengan olahraga ini. Terlebih lagi memang seharusnya wanita mempunyai ilmu bela diri untuk berjaga-jaga jika ada orang jahat yang mengganggu. Tidak hanya itu, sekarang juga banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk mengikuti latihan bela diri ini. Nani (32) seorang Ibu Rumah Tangga yang ditemui tengah menunggu anaknya latihan taekwondo mengaku merasa lebih aman jika anaknya tidak dijemput ketika pulang sekolah, “kan sudah menguasai Taekwondo!” ujar ibu satu anak ini.

Seni ini pada umumnya menekankan tendangan yang dilakukan dari suatu sikap bergerak, dengan menggunakan daya jangkau dan kekuatan kaki yang lebih besar untuk melumpuhlan lawan dari kejauhan. Tidak hanya itu, dalam taekwondo juga ada pukulan dan pertahanan dengan tangan. Akan tetapi seni ini tidak menekankan pada pergulatan.

Seni bela diri biasanya ditandai dengan warna sabuk pada setiap tingkatannya. Begitu juga halnya dengan taekwondo. Tingkat pertama ditandai dengan sabuk berwarna putih. Selanjutnya sabuk kuning, kuning strip hijau, hijau, hijau strip biru, biru, biru strip merah, merah, mrah strip dua, merah strip satu dan sabuk yang terakhir adalah hitam. Namun belum selesai disitu saja, ada lagi tingkatan di dalam sabuk hitam. Yaitu dari hitam Dan satu hingga hitam Dan sembilan.

Ada tiga materi dalam latihan taekwondo. Yang pertama, yaitu poomsae atau rangkaian jurus adalah rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri. Yang kedua adalah  Kyukpa atau teknik pemecahan benda keras adalah latihan teknik dengan memakai sasaran/obyek benda mati. Dan tang ketiga Kyoruki atau pertarungan adalah latihan yang mengaplikasikan teknik gerakan dasar atau poomse, dimana dua orang yang bertarung saling mempraktekkan teknik serangan dan teknik pertahanan diri. Semua komponen yang asa di dalam taekwondo menggunakan bahasa korea. Dari mulai jurus, guru, hingga kata-kata seperti siap, mulai, berhenti dan lainnya pun menggunakan bahasa korea.[teks: @luthppi– foto: source]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s