Kiat Rawat Jeans Kesayangan

SO_TIPS_MERAWAT JEANS

Jeans merupakan jenis pakaian yang paling banyak di sukai oleh orang. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Selain nyaman saat dipakai, jeans juga mudah dipadu-padankan dengan berbagai jenis busana lainnya, itulah mengapa jeans tidak pernah ditinggalkan oleh penggemarnya walaupun tren busana semakin berkembang.

Busana berbahan denim ini butuh perhatian khusus untuk merawatnya.Jika ingin jeans kesayangan Anda tetap terlihat bagus, maka Anda harus tahu bagaimana cara merawat jeans yang benar.

Beberapa tips ini mungkin dapat membantu Anda untuk merawat koleksi jeans Anda:

Sebelum mencuci:

Sebaiknya jangan terlalu sering mencuci jeans, kecuali jika jeans Anda terkena noda yang sulit untuk dibersihkan. Karena dengan seringnya mencuci, warna jeans akan cepat pudar dan berubah bentuk.

Cara mencuci:

1. Jangan  menggunakan deterjen dengan pemutih.

2. Sebelum mencuci, pisahkan jeans dengan busana lainnya dan jangan lupa jeans dibalik sehingga bagian dalam menjadi di luar.

3. Sebaiknya jeans dicuci dengan tangan tapi jika harus menggunakan mesin cuci, hal yang harus diperhatikan yaitu mengancing dan menutup resletingnya untuk mempertahankan bentuk jeans.

4. Untuk mencuci di mesin cuci, pastikan tidak menggunakan putaran yang terlalu kencang. Hal ini bisa berpengaruh terhadap rajutan pada jeans Anda.

5. Jeans juga tidak boleh dicuci dengan air panas agar bentuk jeans tidak berubah. Namun untuk mencuci jeans yang terkena noda lumpur atau tanah dapat direndam terlebih dahulu dengan air hangat yang telah diberi detergen selama 5-10 menit.

Cara menghilangkan noda:

– Getah: teteskan alcohol pada area yang terkena noda. Diamkan selama 5 menit, gosok dengan Ibu jari, lalu cuci dengan sabun dan air.

– Permen karet: taruh es pada area yang yang terkena noda. Setelah permen karet membeku, akan mudah dilepaskan. Selanjutnya Anda bisa mencuci jeans seperti biasa.

– Lumpur: rendam jeans di dalam air hangat yang telah dicampurkan detergen, diamkan selama 5-10 menit setelah itu bilas hingga bersih.

Cara mengeringkan:

Setelah dicuci, jeans perlu dikeringkan dengan benar yaitu dengan cara dijemur  dalam kondisi terbalik dan digantung dengan hanger. Jemur jeans ditempat yang terbuka namun tidak terkena sinar matahari langsung. Hal tersebut agar warna jeans tidak mudah pudar. Sebaiknya, jeans jangan dikeringkan dengan mesin cuci.

Setelah dikeringkan, sebaiknya jeans tidak dilipat. Simpan dilemari dengan cara digantung menggunakan hanger untuk menjaga bentuk aslinya.

Perbaikan Jeans:

Jika terdapat beberapa kerusakan pada jeans Anda, sudah saatnya membawa jeans ke tukang jahit langganan untuk diperbaiki.

– Minta agar sebisa mungkin jahitannya bergerak sesuai arah rajuan. Hal ini akan membuat perbaikan pada jeans hampir tidak kelihatan.

– Selain itu, hal yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada bagian selangkangan. Hal ini seringkali terjadi karena bagian itu merupakan salah satu yang paling terkena gaya tarik dari kedua bagian kaki atau mungkin karena jeans-nya sangat ketat. Untuk itu, menanggulanginya dengan cara menambahkan beberapa fabric denim dibagian dalam kemudian dijahit. Dengan cara seperti itu akan memperkuat bagian tersebut. [@withayuliandini – foto: source]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s