Bermusik Bersama UBV

SO_LINTASUPN_UBVUniversitas Pembangunan Nasional “VETERAN” Jakarta (UPNVJ) mempunyai beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa, salah satunya  adalah  UPN Band Veteran atau biasa disingkat UBV.

UBV berdiri pada tanggal 19 Desember 1995 dengan tujuan menjadi suatu organisasi yang bergerak di bidang musik. UBV resmi mempunyai alat musik pada tahun 1996, seperti drum, bass, gitar, ampli gitar, bass, gitar klasik serta ruangan untuk sekretariat dan studio. Kemudian, terdapat penambahan alat seperti Mixer, Keyboard dan Sound System.

Pada awal tahun berdirinya, UBV sudah bertempat di Fakultas Teknik lantai dasar, kemudian pindah ke gedung percetakan. Tahun 2008, ketika kepengurusan Purwo Estiarto, sekretariat UBV pindah ke gedung Dr. Soetomo UPN Jakarta. Dan pada akhirnya mempunyai studio sendiri. Selain itu, UBV terdapat radio streaming. Jika ada yang mau request lagu atau memberikan CD demo untuk diputar di radio UBV juga bisa.

UBV terdapat beberapa band yang telah dibentuk, seperti Kecikitty Anti Gores, Mangap Karna Rock (MKR), 1st Coming, Coffeecoustic, Follow Us, Memory Of Unforgettable (MOU) , Firstjabo, I Wanna Change Baby (Iwcb), dan Missing Voice.

Berikut wawancara SpeedOne dengan salah satu pengurus UBV, Argadahana Julian.

Ada gak sih kriteria untuk mahasiswa yang mau masuk ke UBV?

Bebas untuk semua mahasiswa UPN, dan intinya buat belajar nggak harus jago di bidang musik sama organisasi. Kita disini sama-sama belajar, daftar menjadi anggota muda dan prosesnya setahun untuk menjadi anggota tetap.

Aliran musik apa saja yang ada di UBV?

Banyak. Sekarang sudah ada album kompilasi, ada aliran pop, metal, dan cuma dangdut aja yang sulit. Kita pernah buat namanya orkes roki bumi sudah jadi album, tapi itu buat senior dan sekarang mereka sudah kerja, kalo reggae kita kolaborasi sama anak Girigahana.

Kegiatan rutin dari UBV itu apa saja?

Selama setahun kan Proker (program kerja) justru 1 bulan sekali pulapelokan buat ruang lingkup band-band UPN, ada Mustang Festival yang akan diselenggarakan pada akhir tahun.

Prestasi Apa aja sih yang udah di dapat?

Banyak sih termasuk 10 Besar A-Mild Sensation Regional Tangerang, Juara I Gitar dan Bass Djarum MLD Blastout (2012), Juara II Festival Musik Betawi (2009),  Juara II Meet The Expert Online Superstar (2010). [teks dan foto: @irvan_ahmad10]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s