Hijau ala Bogor

SO_TRAVEL_KEBUN RAYA BOGOR.Selain terkenal dengan asinan, Bogor kerap sekali menjadi tempat rekreasi keluarga. Tidak sedikit mobil bernomor polisi Jakarta yang lalu-lalang ketika liburan tiba. Salah satu tempat favorit sekaligus menjadi ikon “kota hujan” ini adalah Kebun Raya Bogor. Kebun yang awalnya bernama s’Lands Plantentuin te Buitenzorg berlokasi di jantung Kota Bogor tepatnya Jalan Ir. H. Juanda No:13 Bogor, Jawa Barat. Dengan luas area sekitar 87 hektar, Kebun Raya Bogor ini memiliki koleksi tumbuhan sejumlah 13.697 spesimen, yang dapat dikelompokan ke dalam 3.441 jenis, 1.265 marga, dan 220 keluarga.

Selain pemandangan serba hijau, Kebun ini juga memiliki Museum Zoologi. Letaknya tidak jauh dari pintu masuk utama. Di museum ini, kita bisa melihat berbagai jenis hewan yang telah diawetkan. Mulai dari serangga, burung, ular, ikan dan jenis hewan lainnya dapat dijumpai disini. Di pepohonan yang letaknya tidak jauh dari Museum Zoologi terdapat Bunga Bangkai dan Bunga Raflesia. Walaupun keduanya berbau busuk dan menyengat, namun lokasi ini sering didatangi oleh pengunjung. Terlebih lagi ketika kedua bunga ini sedang mekar.

Jika Anda ingin melihat kemegahan Istana Bogor, Anda dapat mengunjungi Kolam Gunting yang letaknya tidak jauh dari pintu utama. Pemandangan hijau, suara gemercik air, dan kemegahan Istana membuat Anda betah duduk berlama-lama. Jika Anda ingin bersantai ria sembari mencicipi makanan, Anda dapat berkunjung ke Kafe Dedaunan. Kafe ini dikelilingi oleh lapangan hijau yang luas dan kehadiran kolam teratai menjadi daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, teratai di kolam ini ukurannya raksasa.

Selain itu, Kebun Raya Bogor juga dilengkapi dengan tempat-tempat bersejarah lainnya. Seperti Taman Sudjana Kassan, Jembatan Gantung, Monumen Lady Raffles, hingga kuburan belanda. Dengan harga tiket 9.500 rupiah Anda sudah dapat berkeliling di Kebun Raya Bogor dan mengunjungi Museum Zoologi. Disamping menikmati kesegaran udara yang dihirup, Anda juga mendapatan ilmu yang sangat bermanfaat. [teks dan foto: @irvan_ahmad10 ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s