Perjalanan yang Tak Diduga

SO_BUKU_KASTANAJudul Kastana Taklukan Jakarta
Penulis Soleh Solihun
Edisi Cetakan I, Maret 2013
Jumlah Halaman 289 halaman
Penerbit Lentera Hati

Buku ini merupakan buku kedua dari Soleh Solihun yang sekarang terkenal sebagai stand up comedian yang tidak sengaja menggelutinya. Diangkat dari kisah nyata tentang kehidupan Soleh Solihun ketika Ia merantau ke Jakarta.

Tokoh utama dalam buku ini adalah Kastana yang akrab dipanggil Kif Kastana. Di dalamnya menceritakan perjalanan hidup Kastana dari kuliah hingga mencapai kesuksesannya. Kastana mempunyai banyak mimpi. Sejak SD dia ingin menjadi TNI, karena tertarik oleh seragam yang terlihat gagah. Kemudian Kastana juga ingin menjadi Ustaz karena sering mendengar KH. Zainudin MZ ceramah, apalagi leluconnya.

Terkenal, memang tidak termasuk dalam daftar mimpinya. Akan tetapi, inilah yang Kastana dapat sekarang. Tak terpikirkan jika pekerjaannya sekarang masih berhubungan dengan semua mimpinya sejak kecil. Pekerjaan pertama di Jakarta adalah menjadi wartawan di Majalah Track, majalah musik yang cukup terkenal. Walaupun hanya menjadi wartawan, jabatan terendah dalam suatu redaksi, Ia semangat dalam menjalankannya. Pria lulusan Universitas Padjajaran (UNPAD) ini senang sekali menulis tentang musik dan siapa yang tak senang jika mendapatkan pekerjaan yang selaras dengan hobinya. Majalah Track juga membuatnya merasakan pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya, yaitu Singapura. Selain itu, Ia juga sempat menjadi penyiar radio di pagi hari ketika masih bekerja di Track.

Setelah sekian lama bekerja di Track, akhirnya pria berkacamata ini memutuskan pindah dengan beberapa teman lainnya termasuk pemimpin redaksi dari majalah tersebut. Tak lama kemudian, Kastana bersama temannya mendirikan Majalah Bunny yang merupakan majalah pria dewasa yang sempat heboh beberapa tahun lalu. Disinilah bagian yang paling menegangkan dalam buku ini. Banyak sekali rintangan dalam mendirikan majalah tersebut. Segala cara sudah dikerahkan, tetapi tak juga menghentikan penolakan-penolakan dari berbagai pihak.

Semakin lama Kastana semakin mahir dalam menulis dan kemudian dia melombakan dua tulisannya untuk mewakili majalah Bunny. Tak disangka dirinya menyabet juara pertama dan kedua dari kedua tulisannya tersebut. Hal ini  merupakan pembuktian kepada orang-orang yang menolak majalah Bunny bahwa majalah berlogo kelinci ini mempunyai nilai jurnalisme yang tinggi dalam tulisan-tulisannya. Akan tetapi, majalah ini tidak betahan lama. Kemudian Kastana memutuskan untuk bekerja di Majalah Rolling Rocks karena diajak dengan temannya.

Kastana sebenarnya sangat beruntung, karena selain sebagai wartawan dia juga sering mendapat tawaran sebagai MC, penyiar radio dan juga sebagai stand up comedian. Untuk menjadi seorang stand up comedian bagi Kastana tidak terlalu sulit, karena itu datang dari ketidaksengajaan. Tak tau mengapa? Mungkin semua sudah diatur. Itulah yang biasa disebut oleh Soleh Solihun dalam buku Kastana Taklukkan Jakarta. Tentunya banyak sekali cerita Kastana dalam kehidupannya. Banyaknya cerita, tidak menutup kemungkinan tentang kehadiran suatu masalah. Bagaimana Kastana menghadapinya?

Buku ini sangat inspiratif. Bahasa yang digunakan sangat mudah dimengerti. Kata-katanya pun banyak yang menggelitik dan sangat santai. Tidak membutuhkan pemikiran yang lama untuk mengerti setiap kalimat demi kalimat. Banyak yang dapat kita ambil dari buku ini, yaitu jangan mudah menyerah, galih terus setiap potensi yang ada dalam diri dan yakinlah bahwa semua yang terjadi telah diatur oleh Yang Maha Kuasa. [teks: @luthppi – foto: @saesherra]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s