Tameng untuk Tubuh

SO_TIPS_DAYA TAHAN TUBUHMenjaga daya tahan tubuh merupakan hal penting yang harus kita lakukan. Kondisi cuaca yang tidak menentu dapat membuat Anda mudah terserang penyakit. Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat memang salah satu cara mudah untuk menjaga kondisi badan. Namun, tidaklah cukup bila tidak didukung dengan beberapa hal yang harus Anda lakukan demi memperkuat sistem imun. Berikut beberapa tips sederhana dan mudah untuk menjaga daya tahan tubuh.

1. Istirahat cukup

Aktivitas yang berlebihan merupakan salah satu faktor penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Usahakanlah Anda memberikan waktu istirahat untuk tubuh di sela-sela aktivitas padat yang Anda jalani.

2. Optimalkan waktu tidur

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam. Dengan begitu dapat meningkatkan konsentrasi Anda dalam beraktivitas di pagi dan siang harinya. Selain itu, tidur malam yang cukup dapat menghindarkan Anda dari dampak buruk jangka panjang untuk tubuh.

3. Hindari Begadang

Begadang membuat Anda merasa kelelahan pada pagi hari dan menurunkan kualitas bekerja. Hal ini dapat memicu penyakit yang mudah menyerang di kala tubuh Anda tidak fit. Otak yang dipaksa bekerja pada malam hari pun lelah dan berakhir pada timbulnya stress.

4. Konsumsi Vitamin C

Vitamin dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu melawan kuman dan bakteri yang menghampiri Anda. Anda dapat mendapatkan vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, strawberry, bahkan paprika.

5. Minum Susu

Selain vitamin C, Anda harus memenuhi vitamin D yang didapat dari susu. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi zat hewani seperti ikan dan telur.

 6. Makan makanan yang sehat

Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang kaya gizi dan serat untuk pencernaan, pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi adalah makanan higienis atau sudah dimasak dengan matang.

7. Konsumsi Zat Besi

Zat besi penting dipenuhi oleh tubuh Anda karena dapat melawan sel kanker. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah dan letih seperti gejala anemia. Zat Besi dapat diperoleh dari  kacang-kacangan, daging unggas, kerang, kepiting, dan yogurt.

8. Olahraga

Usahakan tetap berolahraga di tengah kepadatan aktivitas Anda. Olahraga terbukti memberikan pertahanan tubuh seperti terhindar dari batuk dan pilek. Dianjurkan berolahraga yang rutin agar otot tubuh Anda terbiasa bergerak dan tidak kaku.

9. Berpikir positif

Usahakan untuk tetap berpikir positif jikalau masalah melanda hidup Anda. Hal ini karena di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa dan pikiran yang sehat. [teks: @saesherra – foto: source ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s