Berolahraga ala Kongaroo

SO_OLAHRAGA_PARKOUROlahraga bermanfaat untuk mendapatkan badan yang sehat dan bugar. Kini, sudah banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan, salah satunya Parkour. Olahraga ini mungkin masih terdengar asing, padahal sudah lama hadir di Indonesia. Parkour adalah olahraga seni berpindah tempat melewati obstacles (rintangan) dari titik satu ke titik lainnya dengan efesiensi waktu dan mengandalkan kemampuan badan manusia.

Selain untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, Parkour memiliki nilai-nilai kehidupan, yaitu bermanfaat untuk menghadapi masalah, melawan rasa takut, mengendalikan emosi, bangkit dari kegagalan, meningkatkan fleksibilitas dan fluiditas, serta mengembangkan kreatifitas dan kebebasan.

Kegiatan yang berasal dari Prancis ini, menggugah niat beberapa pemuda di Depok untuk membentuk komunitas Parkour pada bulan Februari 2008 dengan nama Kongaroo. Kongaroo diambil dari kata Kong, yaitu nama teknik Parkour, Kong Vaulting dan juga dari filosofi hewan Kangguru, sebab kangguru adalah hewan yang suka melompat-lompat. Hingga saat ini mereka memiliki banyak anggota. Salah satunya Kristy, seorang mahasiswi yang mengaku sudah tertarik dengan Parkour sejak bangku SMA.

“Aku tahu Parkour dari Film Yamakasi, trus pas SMA dan kuliah suka nonton video Parkour. Trus aku cari komunitas Depok, dan akhirnya ketemu temen yang ternyata temennya anak Parkour Kongaroo, trus diajak dan akhirnya bergabung”, imbuh Kristy, salah satu anggota Kongaroo yang sudah bergabung dari Maret 2012.

“awalnya, latihan fisik kayak push up, sit up, jumping, rolling, dan lari. Trus diajarin basic, jump precision, cara landing yang benar, dan belajar rolling. Rolling parkour dengan gymnastic itu berbeda. Jadi, belajar lagi. Dan manfaat buat aku sih badan jadi lebih fit, lebih seger, dan lebih lincah gerak”, tambahnya lagi.

Tak ada syarat khusus bila Anda ingin mengikuti seni gerak dan olahraga yang disebarkan oleh David Belle ini. Oki, anggota Kongaroo lainnya mengatakan bahwa niat, kemampuan, dan disiplin lah yang harus diterapkan jika Anda ingin bergabung dengan Kongaroo. Anda bisa datang ke GOR KONI Depok setiap Selasa dan Balairung UI setiap Hari Minggu pukul 9. [teks: @saesherra – foto: @saesherra]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s