Ngablues yang Berkarya

SO_PROFILE_NGABLUESBerawal dari ketertarikan mereka dengan musik blues, Winda, Nanang, Bedur, bayu, dan Rizky akhirnya begabung dan membentuk sebuah band yang mereka namai ‘Ngablues’. Band ini didirikan dua tahun lalu dan berhasil merebut juara satu pada Kompetisi band jingle Kawasaki di senayan. Selain itu, ‘Ngablues’ juga menyabet juara satu dalam festival Politeknik Swadharma. Selain latihan, band ini juga kerap mengisi acara di Komunitas Jazz Kemayoran, Kandang Jurang Doang, dan di berbagai pensi.

Band yang satu ini memang berbeda dengan band-band lainnya. Kebanyakan band biasanya menyukai genre musik pop, tetapi tidak untuk ‘Ngablues’. Jazz dan blues malah menjadi daya tarik tersendiri untuk band ini. Berikut hasil wawancara SpeedOne dengan ‘Ngablues’.

Asal nama ngablues dan kapan terbentuknya?

Awalnya karena tertarik dengan musik blues, Sehabis manggung lalu gitaris yang celoteh, ngablues… ngablues… kayanya asik juga. Kurang lebih dua tahun yang lalu. Dengan berbagai perubahan.

Jenis musiknya hanya blues?

Sebenarnya secara mendasar blues. Namun karena beberapa teman suka rock n roll. Maka suka di combine, kadang-kadang jazz blues rock n roll.

Mengapa tertarik dengan musik blues?

Hmm.. awalnya karena setelah disatukan selera musik kita, ternyata ketemunya di blues. Dan blues itu juga beragam, makanya kita tertarik untuk berkecimpung di dunia itu.

Ngablues sendiri sebenarnya ikut komunitas tidak?

Kalau komunitas lebih ke Jazz. Kita coba bergabung dengan orang-orang jazz. Makanya kita ikut Komunitas Jazz Kemayoran.

Idola yang menginspirasi Ngablues?

Kalau blues B.B King dan Janis Joplin. Kalau Jazz nya Beben Jazz. Sejauh ini kita masih mengadaptasi dari lendaris yang sudah ada, tapi kesini-sini juga mengidolakan Elvis Presley.

Apakah sudah ada rencana untuk membuat album?

Album masih dalam proses, tapi kita lagi persiapan promo single terbaru kita yang berjudul I Need You. Single ini berceritakan tentang seseorang yang membutuhkan kehadiran seseorang tapi orang-orang sibuk semua ketika membutuhkan seseorang. Lagu sebelumnya ada “Happy Sleepy Time” yang berceritakan tentang proses pembuatan lagu itu sendiri. Di beberapa liriknya dibuat dengan tujuan memotivasi teman-teman  untuk berkarya. Kebetulan personil masih ada yang sibuk kuliah dan skripsi, jadi masih sambil berjalan prosesnya.

Persiapan sebelum manggung?

Latihan itu perlu banget agar dapat memberikan penampilan yang baik, berdoa, kostum dan jaga kondisi kesehatan.

Kalau Ngablues sendiri pernah ikut kompetisi?

Alhamdulillah, pernah. Kompetisi band jingle Kawasaki di senayan dan Alhamdulillah dapat juara satu. Swadarma, juga juara satu.

Ada rutinitas lain selain latihan?

Sebelumnya, pernah tiap minggunya manggung di Indomaret, Kemang dan Ampera. Namun belakangan karena kesibukannya masing-masing, jadi kita paling ikut-ikut festival dan isi pensi sekolah. Sejauh ini sih, hanya itu. Karena fokus kita pada album, dan masih harus membereskannya.

Apa prioritas terbentuknya band ini?

Kalau prioritas lebih ke karya. Kalau muluk-muluk mencari duit sih, nggak. Cuma itu berjalankan? Jadi, selama ini kita masih meningkatkan kualitas dulu dalam bermusik, kita konsentrasi ke karya. Namun kalau ada rezeki yang datang, yaa itukan memang sambil berjalan. Sebenarnya kita ngga muluk-muluk jadi terkenal, tapi mau berguna bagi orang banyak.

Kalau terkenal apa yang mau dilakukan?

Aminnnn… Kalau terkenal itu sudah jalannya, tapi mau sharing ilmu agar berguna untuk banyak orang. Setelah menjadi sesuatu, bagaimana cara kita bisa berguna untuk orang banyak bukan untuk diri kita sendiri saja.

Sarannya untuk anak muda yang sedang menggeluti hobinya dalam bermusik?

Sebenarnya sudah banyak sekali wadah kreatifitas yang dapat menampungnya. Yang terpenting dalam bermusik itu Jujur dan nggak muluk-muluk dulu, yang terpenting dapat bermanfaat bagi orang banyak. Bermusik itu jangan berpikiran harus kaya, terkenal, tapi kita harus berpikiran untuk meningkatkan kualitas kita dulu. [teks: @luthppi, @withayuliandini, foto: @withayuliandini]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s